Filosofi Tradisi Panjat Pinang Yang Selalu Ada Pada Hut-RI

Posted on

Panjat pinang merupakan tradisi turun – temurun yang selalu ada ketika akan merayakan HUT-RI di Indonesia.

Menurut profesor wikipedia, panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda dulu. lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi.
Filosofi Tradisi Panjat Pinang yang Selalu Ada Pada Hut-RI

Tahukah kalian jika ternyata panjat pinang ini setelah saya teliti memiliki makna tersendiri loh guys!. Berikut akan saya jabarkan makna dalam tradisi panjat pinang yang selalu ada pada hari kemerdekaan indonesia.

Di dalam panjat pinang, untuk mencapai ke puncaknya itu butuh perjuangan yang tidak mudah, terlebih lagi pohon yang digunakan bisa dibilang sangat licin. Karena biasanya pohon pinangnya dibuat licin dahulu sebelum digunakan.

Hal ini sama seperti perjuangan para pahlawan yang rela mati demi mengusir penjajah di bumk pertiwi ini.

Hal ini tidak ada apa-apanha dibandingkan mereka yang melakukan panjat pinang yang bisa dikatakan lebih mudah mengusir penjajah dari Indonesia ini.

Nah itulah makna dari panjat pinang yang selalu ada di Indonesia. Jika kalian kurang paham dengan maknanya maka, inti dari panjat pinang itu adalah bahwa untuk meraih kesuksesan atau kemerdekaan itu butuh perjuangan yang berat bahkan nyawa jadi taruhan sekalipun. Akhir kata, semoga arwah para pahlawan di terima di sisi Tuhan yang maha esa… amin..,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *