LEBIH NYAMAN BERBELANJA ONLINE ATAU BERBELANJA OFFLINE?

Posted on

Semakin berkembangnya teknologi di dunia ini menjadikannya serba mudah termasuk dalam urusan berbelanja. Setidaknya di era digital seperti saat ini memang bisa disebut serba online seperti belanja online.
Tapi, apakah berbelanja online itu nyaman dan bebas penipuan? Semua tergantung di mana Anda berbelanja online.
Di sisi lain, sepertinya belanja online itu tidak seperti yang Anda harapkan. Kenapa?

  1. Rawan Penipuan
    Ya, sama seperti di dunia nyata. Berbelanja online itu jika Anda salah memilih tempat bukan tidak mungkin Anda dapat tertipu. Kenapa saya bisa tertipu? Karena, terkadang apa yang di pajang di katalog (foto baran) di situs mereka tidak sesuai dengan barang yang telah dikirim ke tempat Anda misal cacat barang, warna tidak sesuai. Berbeda dengan berbelanja offline, Anda dapat memilih warna sendiri atau bahkan bisa secara mandiri mengecek sendiri kualitas barang di tempat Anda membeli.
  2. Lebih Mahal
    Ini yang menjadi kendala ketika akan berbelanja online. Biasanya jika Anda membeli sesuatu pasti ada istilah Ongkir atau ongkos kirim. Ongkir akan lebih mahal jika letak atau lokasi kalian jauh dari lokasi pengiriman.
  3. Harus Menunggu Barang Tiba
    Jika Anda telah sukses beli barang secara online maka hal yang harus kamu lakukan adalah menunggu. Ya, ini tidak akan jadi masalah dan membosankan jika letak atau lokasi pengiriman barang tidak terlalu jauh tapi apabila lumayan jauh maka Anda dipastikan akan terlalu lama menunggj bahkan bisa mencapai 1-7 hari jam kerja.
  4. Sistem Pembayaran
    Dalam berbelanja online, secara umum metode pembayaran yang diterapkan adalah via bank lokal atau rekening online dan sejenisnya. Tapi, bagaimana yang tidak punya rekening bank? sudah pasti akan jadi kendala jika Anda ingin berbelanja online. Hal ini bisa di atasi yaitu dengan meminjam rekening tetangga hehehe itupun kalah ikhlas. Belanja offline-pun terkadang juka memakai sistem pembayaran ini.

Walaupun demikian, sebenarnya Anda boleh – boleh saja berbelanja online dengan catatan pandai dalam memilih perusahaan online terpercaya agar nantinya Anda tidak menyesal. So, Kesimpulannya sih sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing dalam berbelanja via online atau offline. Karena pada dasarnya setiap orang punya selera berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *